Selasa, 25 April 2023

Joko Widodo Liburan Ke Komodo, Pelaku Wisata Minta Tarif Kembali Ke Semula




Presiden Joko Widodo tengah berlibur lebaran bareng keluarga mendatangi Taman Nasional Komodo, Senin (24/4/2023). Kunjungan Jokowi itu dimanfaatkan para pelaku rekreasi di sana untuk meminta Jokowi menghentikan tarif gres di Komodo.

Kunjungan ke TN Komodo ini menjadi salah satu rangkaian piknik Lebaran Jokowi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi dan keluarga hadir di saat polemik peningkatan tarif jasa wisata untuk Naturalist Guide di TN Komodo belum rampung. Tarif gres tersebut mendapatkan penentangan keras dari pelaku pariwisata dan aneka macam kelompok penduduk lokal.

Pelaku pariwisata di Labuan Bajo berharap piknik Jokowi ke destinasi wisata super prioritas itu mampu menyudahi polemik tarif jasa wisata yang dipungut PT Flobamor. Mereka berharap Jokowi mampu mendengar aspirasi penduduk Labuan Bajo untuk menyelesaikan polemik kenaikan tarif tersebut.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies/ASITA) Manggarai Raya Evodius Gonsomer berharap Jokowi sanggup mendengar aspirasi perihal ketidakadilan tersebut. Ia berharap tarif jasa rekreasi di TN Komodo itu kembali ke harga semula.

Senada dengan itu, Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Manggarai Barat Ignasius Suradin berharap mudah-mudahan tarif jasa rekreasi di TN Komodo tidak ditetapkan secara datang-tiba dan sepihak tanpa sosialisasi.

"Harapan kami mudah-mudahan penetapan tarif apapun di dalam daerah Taman Nasional dibentuk secara sedikit demi sedikit, ongkos tetap terjangkau, dan disosialisakan minimal satu tahun sehingga tidak menjadi polemik dalam penduduk ," ujar Ignas.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

CLOSE ADS
CLOSE ADS

DPNTimes

Arsip Blog

DPNTimes Health

SERAMBI DPNTIMES

EDUKASI DPNTIMES