Senin, 22 Mei 2023

Kota Hantu Artistik di Belgia


Di Belgia, ada sebuah kota yang ditinggalkan oleh penduduknya dan dihuni kembali oleh para penulis.

Doel berlokasi di Belgium , di wilayah Flanders, dan terkenal di berita karena pembangkit listrik tenaga nuklir yang ditempatinya selama beberapa tahun. Sebenarnya, bukan karena itu ia berubah menjadi kota hantu, tetapi karena pada tahun 2008 Doel menjadi bagian dari proyek pembongkaran seluruh kota untuk perluasan pelabuhan Antwerp, sebuah proyek yang memaksa warga untuk meninggalkan rumah mereka.

Maka, pada tahun 2012, manusia mulai menggantikan robot, hewan raksasa, dan tokoh serta karakter aneh diciptakan oleh penulis, yang melukis di setiap dinding kota tulisan, gambar, dan grafiti, menjadikan kota sebagai simbol seni jalanan Doel.

Gagasan membuat desain pada setiap batu bata, atap dan jendela pada setiap Doel adalah serangan terhadap politisi lokal dan gagasan mereka untuk menghancurkan kota, cara untuk menghalangi mereka dari proyek tersebut, juga karena sementara itu Doel telah menjadi tujuan wisata, menarik banyak wisatawan, artis, penggemar dan yang hanya ingin tahu untuk mengunjungi kota yang sangat pendek dan sayangnya akan diruntuhkan dan hanya menjadi tumpukan puing yang berwarna-warni.

Jika ada yang menganggapnya vandalisme, sebaiknya berpikir ulang, karena mural Doel adalah bukti kekuatan seni dan demonstrasi bahwa lingkungan tergelap sekalipun, bisa menjadi kanvas warna-warni tempat kreativitas bisa berkembang.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

CLOSE ADS
CLOSE ADS

DPNTimes

Arsip Blog

DPNTimes Health

SERAMBI DPNTIMES

EDUKASI DPNTIMES