Kamis, 18 Mei 2023

Rapa Nui: Keindahan Misterius Pulau Paskah Cile


Pulau Paskah
yakni salah satu negeri yang paling tidak lazimdan misterius, penuh pesona dan kecerdasan. Terletak di Pasifik Selatan , sekitar tiga ribu kilometer dari benua Amerika dan lebih dari dua ribu dari pulau Pitcairn . Rapa Nui (sebagaimana penduduk asli menyebutnya) adalah salah satu pulau paling terpencil di dunia.


The island of Rapa Nui-Chile
Pulau Rapa Nui-Chile

Pulau Paskah menerima namanya dari hari-hari ajaib pendaratan orang Eropa pertama, penjelajah Belanda Jacob Roggeveen, terjadi pada Minggu Paskah tahun 1722. Secara politis Rapa Nui menjadi milik Chili sejak 1888. Pulau ini mempunyai bentuk segitiga yang aneh, hampir semuanya datar kecuali tiga gunung berapi, Terevaka Poike, timur, dan Rano Kau, barat daya.


Rapa Nui Legend
Legenda Rapa Nu

Tidak jauh dari pantai ada tiga atol kecil yang bisa Anda nikmati liburan amerika selatan : Motu Iti, Motu Kau Kau dan Motu Nui, daerah suci penduduk primitif, selaku sarang burung dara, burung bubuk-abu yang terkait dengan Pemujaan Manusia. Pulau Paskah tidak mempunyai sungai, dengan sedikit berkembang-tumbuhan dan sedikit pohon. Kurangnya vegetasi telah membuat banyak hipotesis imajinatif wacana penurunan peradaban Mao .


Mystic Guardians
Penjaga Mistik

Melihat patung monolitik besar, disebut Kepala Raksasa Moai , tak mengherankan kalau Rapa Nui menjadi subjek dari banyak teori ihwal makhluk luar angkasa. Belum ada yang tahu apa tujuan dari raksasa ini, yang berasal dari satu blok tuf vulkanik, mungkin berfungsi untuk memperingati kepala suku yang terpenting, tetapi ketidakpastian mendukung mitos tersebut.


Rapa Nui Moai
Rapa Nui Moai

Elemen unik yang lain ialah bahasa kuno pulau itu: itu Rongorongo . Ini adalah kursus menulis dengan bustrofedon, tidak pernah diuraikan sepenuhnya. Pulau Paskah menawarkan panorama yang menakjubkan terhadap hadirin: ladang lava, gua yang menghadap ke bahari, tebing vertikal, danau vulkanik. Rapa Nui pada tahun 1995 dinyatakan selaku Warisan Dunia oleh UNESCO .


Rapa Nui Sunset
Matahari Terbenam Rapa Nui

Pulau ini memiliki banyak hotel dan kemudahan akomodasi untuk pelancong, namun ada satu maskapai penerbangan yang menghubungkannya Chili , nyaris satu-satunya cara untuk meraih pulau itu, sebab kelangkaan kawasan pendaratan kapal.


Ranu Kao Vulcano
Gunung Api Ranu Kao

Share:

0 comments:

Posting Komentar

CLOSE ADS
CLOSE ADS

DPNTimes

Arsip Blog

DPNTimes Health

SERAMBI DPNTIMES

EDUKASI DPNTIMES