Minggu, 04 Juni 2023

Israel di Piala Dunia U-20: Sempat Ditolak Indonesia, Sekarang ke Semifinal

Foto: Buda Mendes - FIFA/FIFA via Getty Images

DPNTimes, Bola - Timnas Israel U-20 mengukir sejarah di gelaran Piala Dunia U-20 2023. Sempat ditolak Indonesia, kini anak latih Ofir Haim malah mampu ke semifinal.

Piala Dunia U-20 2023 hampir digelar di Indonesia. Namun, keberadaan Timnas Israel U-20 menjadikan hilangnya status tuan rumah Tanah Air.

Masifnya protes dari beberapa pihak terkait eksistensi Israel, menyebabkan hilangnya status tuan rumah ayng sudah dikantongi Indonesia. FIFA lantas memidahkan lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 2023 ke Argentina.

Israel U-20 akhirnya mampu bermain di Argentina. Meski juga menemukan beberapa protes, Anan Khalaili dkk bisa dengan tanpa hambatan bertanding.

Tergabung di Grup C Piala Dunia U-20 2023, Timnas Israel U-20 lolos ke babak 16 besar dengan dramatis. Sempat kalah 1-2 dari Kolombia di sabung perdana, Israel menahan imbang Senegal 1-1 di berantem kedua, dan memilih kelolosannya di bertengkar terakhir usai menekuk Jepang 1-0. Israel lolos dengan status runner up di bawah Kolombia.

Di babak 16 besar, Israel kembali menang dramatis dengan membungkam Uzbekistan lewat gol Khalaili di injury time. Dewi Fortuna kembali menaungi Israel di babak delapan besar.

Melawan Brasil di Estadio San Juan Bicentenario, Sabtu (3/6) waktu setempat, Israel bisa mengalahkan tim memiliki efek Brasil 3-2. Kembali gol di masa perpanjangan waktu memilih kemenangannya.

Sempat tertinggal melalui gol Marcos Leonardo di menit ke-56, Israel sanggup menyamakan skor di menit 60 lewat gol Anan Khalaili. Laga lanjut ke tambahantime.

Brasil sempat kembali unggul di dikala Marcel Nascimento membuat gol di menit ke-91. Namun, Israel lagi-lagi menyamakan skor melalui gol Hamza Shibli dua menit berselang.

Sampai kesudahannya, Israel menentukan kemenangannya di menit ke-105+3. Gol dari Dor David Turgeman memastikan kemenangan 3-2 dan meloloskan Israel ke semifinal Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 sendiri menjadi ajang debut bagi Israel. Penampilan di Argentia menjadi yang pertama sepanjang sejarah mereka di Piala Dunia usia muda ini.

Israel jelas menjadi tim sarat kejutan di Piala Dunia U-20 2023. Tay Abed, gelandang Israel, menyebut hasil melawan Brasil menjadi jawaban atas persepsi sebelah mata kepada negaranya terkait sepakbola.

"Kami tahu, sebelum bertengkar tak ada yang memberi kami peluang. Tapi kami yakin diri. Brasil tim mengagumkan, salah satu yang terbaik di turnamen ini. Tapi kami bermain dengan hati, dengan gairah," katanya, di situs FIFA.

"Ini perasaan terbaik bagi aku dan semua pemain, performa terbaik sepanjang turnamen. Ini menjadi sejarah bagi negara saya. Perasaannya mahir. Kami begitu bahagia sanggup mengungguli sabung ini. Ada banyak fans sepakbola di Israel. Ini olahraga yang paling populer, seluruh negeri menyaksikannya. Kami gembira mampu memenangkannya untuk seluruh penjuru negeri," ungkapnya.

Di semifinal, Timnas Israel U-20 tinggal menanti pemenang Amerika Serikat vs Uruguay. Semifinal Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada Kamis (08/06) waktu setempat.

Sumber: detikdotcom


Share:

0 comments:

Posting Komentar

CLOSE ADS
CLOSE ADS

DPNTimes

Arsip Blog

DPNTimes Health

SERAMBI DPNTIMES

EDUKASI DPNTIMES