Jumat, 19 Mei 2023

6 Hidden Gem Jogja Yang Cocok Banget Buat Healing


Beberapa dari kamu niscaya telah mengenali bahwa Jogja merupakan Daerah Istimewa dengan segudang rekreasi serta masakan yummy. Saat berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya jika kau datang ke beberapa tempat hidden gem. Istilah hidden gem merujuk terhadap wisata tersembunyi yang sangat indah, maupun masakan dengan kelezatan tak terduga. Dengan panorama indah dan menakjubkan, inilah daftar tujuan rekreasi hidden gem di Jogja yang dihentikan kau lewatkan. 

6 Hidden Gem Jogja :

1.  Gua Jomblang

gua jomblang

Gua Jomblang menjadi salah satu rekreasi hidden gem jogja yang populer dan mempesona untuk kamu datangi. Gua yang satu ini diketahui menyajikan pemandangan indah dan menakjubkan yang hendak membuat siapapun takjub ketika melihatnya. Salah satu yang menjadi ciri khas dari gua ini yakni indahnya panorama sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam gua. 

Gua vertikal yang satu ini terbentuk akhir amblesnya tanah beserta vegetasi di atasnya. Hal tersebut sudah terjadi sejak ribuah tahun kemudian. Karena peristiwa tersebut, kesudahannya terbentuk sumur atau verbal gua dengan lebar mencapai 50 meter persegi. Bentuknya yang seperti sumur menyebabkan gua ini kerap disebut selaku Luweng Jombang. 

Bagi kamu yang kegemaran menyusuri daerah wisata alam, Gua Jombang mampu menjadi hidden gem menarik untuk didatangi. Kamu akan mendapatkan pengalaman berkesan dengan menuruni verbal goa. Teknik yang digunakan untuk menysuuri goa vertikal yakni memakai tali tunggal atau Single Rope Technique. Setibanya di dasar gua, jangan lupa abadikan momen dengan berfoto bersama pemandangan yang ciamik!

2. Grojogan Lepo Dlingo

grojogan lepo dlingo

Pernah mendengar perumpamaan wisata Grojogan Lepo Dlingo? Grojogan Lepo Dlingo ialah salah satu rekreasi hidden gem di Jogja yang juga kerap disebut dengan Air Terjun Lepo. Wisata alam dengan pemandangan indah dan menakjubkan ini mampu kamu datangi di tempat Jalan Pokoh, Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Bagi kamu pecinta alam, Grojogan Lepo Dlingo menjadi tujuan wisata yang hendak membuatmu betah dan enggan pulang. Selain mampu bermalas-malasan dan menikmati indahnya panorama, kau juga bisa menjajal sensasi berenang. Perairan yang jernih dengan suhu cuek pasti akan membuatmu merasakan sensasi segar. Grojogan Lepo Dlingo menjadi tujuan tepat bagi kau yang ingin melepas penat maupun menangkan diri. 

Meskipun tergolong wisata gres, tetapi Grojogan Lepo Dlingo memperlihatkan keindahan yang sangat memanjakan mata. Untuk masuk dan menyusuri wisata hidden gem Joga yang satu ini, kamu hanya perlu mempersiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? 

3. Kedung Pedut

kedung pedut

Rekomendasi wisata hidden gem Jogja berikutnya yang dilarang kau lewatkan adalah Kedung Pedut. Wisata yang satu ini terbilang belum banyak diketahui turis, jika dibandingkan dengan wisata Jogja yang lain. Di Kedung Pedut, kau akan dimanjakan dengan panorama perairan yang jernih dan bersih. Selain itu, adanya tebing dan pepohonan juga menjadikan suasana terlihat semakin alami. Udara sejuk dan segar juga akan menyambut kehadiran hadirin di Kedung Pedut. 

Selain Kedung Pedut, rekreasi ini juga kerap disebut dengan Curug Kedung Pedut. Dalam bahasa Jawa, curug memiliki arti teladas, kedung mempunyai arti kolam, dan pedut mempunyai arti kabut. Sesuai dengan istilah yang disematkan, disini kau akan dimanjakan dengan adanya jeram, bak, serta perairan dengan warna indah. 

Untuk mengunjungi Kedung Pedut, kau dapat langsung menuju ke Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya yang terbilang cukup tersembunyi mengakibatkan Kedung Pedut selaku hidden gem yang dihentikan kamu lewatkan. 

4. Pantai Timang

pantai timang

Beberapa dari kau pasti sudah tidak gila dengan perumpamaan wisata hidden gem Jogja yang satu ini bukan? Pantai Timang menjadi salah satu destinasi favorit pelancong alasannya mempunyai pulau karang yang unik. Pengunjung mampu menyebrang dari pantai ke pulau dengan memakai gondola sederhana yang dibuat oleh masyarakat setempat. Hal itulah yang menjadi ciri khas serta daya tarik dari pantai ini. 

Selain gondola, kau juga mampu lewat jembatan gantung untuk tiba ke Pulau Timang. Kedua permainan ini terbilang cukup menantang dan menguji adrenalin. Meskipun mesti mengeluarkan ongkos mahal untuk menyebrangi Pulau Timang, namun hal tersebut sebanding dengan pengalaman seru yang ditawarkan. 

Untuk mengunjungi Pantai Timang, kamu bisa langsung menuju ke Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Dari sentra Kota Yogyakarta, kau perlu menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Saat berburu hiddem gem Jogja, Pantai Timang menjadi salah satu yang dilarang kau lewatkan.

5. Museum Ullen Sentalu

museum ullen sentalu

Tidak hanya kawasan rekreasi alam, kau juga mampu mendatangi daerah bersejarah saat berada di Jogja. Museum Ullen Sentalu menjadi salah satu wisata sekaligus hidden gem Jogja yang diketahui cukup populer, baik di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan. Untuk mendatangi museum ini, kau bisa pribadi menuju ke Jalan Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. 

Tersedia beberapa pilihan paket tur yang ditawarkan. Disini, hadirin bisa menikmati banyak sekali koleksi lukisan, foto, sampai batik yang dikisahkan secara dongeng. Selain berwisata, kau juga bisa mengetahui banyak hal gres dengan mendatangi Museum Ullen Sentalu. 

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok kamu datangi untuk menghabiskan waktu berlibur bareng sobat maupun keluarga. Setiap sudut museum yang menyuguhkan arsitektur indah juga menjadi salah satu hal mempesona yang mampu kamu nikmati. Guide yang sangat informatif juga membuat lebih gampang hadirin untuk mengetahui berita lengkap tentang sejarah museum yang satu ini. 

6. Tebing Breksi

tebing breksi

Satu lagi rekreasi hidden gem Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Tebing Breksi. Sesuai dengan sebutannya, rekreasi yang satu ini menghidangkan banyaknya tebing tebing tinggi. Pengunjung bisa menyusuri rekreasi Tebing Breksi cuma dengan mengeluarkan uang ongkos tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang. 

Tebing yang yaitu area bekas tambang ini menghidangkan indahnya pemandangan yang mau membuatmu betah dan enggan pulang. Wisata yang satu ini tidak hanya populer di kalangan penduduk lokal, tetapi juga banyak dikunjungi wisatawan dari banyak sekali daerah. 

Selain menyusuri area tebing yang indah, kamu juga bisa berfoto dengan banyaknya spot yang disediakan. Waktu terbaik untuk tiba dan menyusuri Tebing Breksi adalah ketika pagi atau sore hari. 

Nah, itulah daftar 6 proposal hidden gem Jogja yang sayang untuk kau lewatkan. Dari beberapa opsi di atas, hidden gem manakah yang terlihat paling menarik dan ingin kamu kunjungi? 



Share:

0 comments:

Posting Komentar

CLOSE ADS
CLOSE ADS

DPNTimes

Arsip Blog

DPNTimes Health

SERAMBI DPNTIMES

EDUKASI DPNTIMES